FAKTA MENARIK KAOS OBLONG

7 FAKTA MENARIK KAOS OBLONG YANG HARUS DIKETAHUI

Fakta Menarik Kaos Oblong

Kaos oblong atau disebut juga sebagai T-shirt ternyata memiliki sejumlah fakta menarik. Kaos oblong adalah jenis pakaian yang menutupi sebagian lengan, seluruh dada, bahu, dan perut. Kaos oblong biasanya tidak memiliki kancing, kerah, ataupun saku. Pada umumnya, kaos oblong berlengan pendek (melewati bahu hingga sepanjang siku) dan berleher bundar, namun seiring dengan perkembangan zaman banyak permintaan customer yang menginginkan kaos oblong dengan lengan panjang, tiga perempat, maupun tujuh perdelapan. Bahan yang umum digunakan untuk membuat kaos oblong adalah katun atau poliester (atau gabungan keduanya).

Kaos oblong bisa digunakan untuk pria maupun wanita dan dapat dipakai semua golongan usia, termasuk bayi, remaja, ataupun orang dewasa. Kaos oblong pada mulanya digunakan sebagai pakaian dalam. Sekarang kaos oblong tidak lagi hanya digunakan sebagai pakaian dalam tetapi juga sebagai pakaian sehari-hari.

Berikut 7 Fakta Menarik Tentang Kaos Oblong

1.    Dijadikan sebagai pakaian dalam tentara

Pada awalnya Kaos Oblong hanya dikenakan sebagai pakaian dalam oleh para tentara Inggris. Hal ini bermula di Amerika pada abad 19 sampai awal abad 20.

2.    Dipopulerkan oleh Aktor tahun 1947

Kaos oblong ini mulai dipopulerkan sewaktu Marlon Brando memakai kaos oblong berwarna abu-abu ketika ia memerankan tokoh Stanley Kowalsky dalam pentas teater dengan lakon “A Street Named Desire”, sehingga penonton langsung berdecak kagum dan terpaku.

3.    Simbol Kaum Hippie

Revolusi Kaos Oblong terjadi sekitar tahun 60-an. Sebagai sebuah simbol anti kemapanan, para kaum hippies ini menggunakan Kaos Oblong ini. Dimasa itu mereka membuat kaos polos dengan beragam jenis warna.

4.    Menjadi media propaganda yang sempurna

Di saat yang bersamaan, kelompok-kelompok tertentu macam hippies, komunitas punk, atau organisasi politik, juga menyadari bahwa Kaos Oblong dapat menjadi medium propaganda atau media kampanye bagi komunitas tertentu yang sempurna selain media yang telah ada. Statement apapun dapat tercetak diatasnya, tahan lama, dan penyebarannya mampu melewati batas-batas yang tidak dapat dicapai oleh media lain, seperti poster.

5.    Dijadikan identitas untuk pemakainya

Desain Kaos Oblong menjadi identitas untuk pemakainya. Misal kaos couple untuk pasangan, kaos seragam untuk sebuah komunitas, dll.

6.    Kaos Oblong memiliki nilai gengsi tingkat tinggi

Masuknya Kaos Oblong ke Indonesia dibawa oleh orang-orang Belanda. Namun ketika itu perkembangannya tidak pesat, karena benda ini mempunyai nilai gengsi tingkat tinggi, dan di Indonesia teknologi pemintalannya belum maju. Akibatnya benda ini termasuk barang mahal.

7.    Kaos Oblong di Indonesia

   Tahun 1980 an dunia kaos oblong dikuasai oleh industri kreatif di Indonesia, seperti C59 dari Bandung, JOGER dari Bali, dan DAGADU dari Yogyakarta. Tidak hanya itu, kaos oblong juga dijadiakan sebagai media kreatifitas desainer untuk berkarya dengan menjamurnya bisnis clothing dan distro hingga saat ini. 

Itulah beberapa fakta menarik mengenai kaos oblong. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda.

Bagi Anda yang ingin memesan kaos oblong dengan desain sesuka Anda dengan hasil yang memuaskan, Maarif Konveksi siap melayani Anda.

Sudah mau order tapi belum punya desain? Butuh referensi desain untuk kaos oblongmu? Langsung saja hubungi Customer Service Kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *